Tuesday, November 6, 2012

Donlot

          Semakin berkembang teknologi, kita pun semakin mudah untuk melakukan dan mendapatkan sesuatu. Salah satunya yang akan disoroti dalam artikel ini adalah tentang download, khususnya dalam dunia musik. Demi memenuhi kebutuhan telinga yang selalu lapar akan musik, kini kita tak perlu susah payah untuk mencari dan membeli album original. Ketersediaan akses internet yang hampir dimiliki setiap orang menjadi pendukung yang utama. Kini, kita tinggal browsing, cari file yang berkaitan/diinginkan, dan langsung download. Dengan proses se-instant itu kita dapat langsung mendengarkan musik/lagu yang kita inginkan.
          Download, untuk musik/lagu khususnya, pada dasarnya terbagi dalam dua macam. Pertama, adalah link download yang disediakan sendiri oleh pihak musisi/artist yang bersangkutan. Link download seperti ini biasanya digunakan sebagai sarana untuk membagikan sample/demo dari musisi-musisi tersebut. Namun, ada pula musisi yang memang mereka tidak pernah menjual rilisan album dan dengan sukarela membagikan karya-karya mereka. Kedua, adalah murni pembajakan, yang sengaja disebarluaskan oleh pihak tertentu tanpa sepengetahuan/izin dari musisi yang bersangkutan.
          Kita tidak perlu munafik. Banyak dari kita pasti memanfaatkan kemudahan tersebut, men-download lagu/album dari sekian banyak link yang tersedia di samudera internet. Terutama untuk lagu/album mancanegara yang kita tidak tahu dimana harus membeli jika tidak ada di toko kaset/CD terdekat. Apalagi untuk rilisan lama dan langka yang memang sudah tidak beredar di pasaran. Kita tidak perlu susah-susah mencari dan merogoh kocek lebih dalam.
          Namun, lain halnya untuk rilisan lokal, terutama bagi yang berada di jalur independen. Rilisan tersebut biasanya mampu dijangkau dan mudah ditemukan. Kita bisa menjumpainya di distro atau lapak. Selain di tempat-tempat tersebut, ada juga dengan sistem online, bahkan bisa menghubungi/mengontak langsung musisi yang bersangkutan. Yak, sudah seharusnya kita memberikan support secara langsung. Membeli t-shirt band saja mampu, mengapa tidak membeli albumnya?


Local CDs

No comments:

Post a Comment