Friday, August 10, 2012

Revivalis Ska Punk Kota Solo, Rat Ska City, Kabarnya Akan Rekaman Lagi

          Rat Ska City, the Riot Skunx Crew! Mengapa band ska punk asal kota Solo ini saya sebut revivalis? Yak, karena memang berdirinya mereka sejak bulan Agustus tahun 2008 lalu merupakan sebuah tonggak kebangkitan sub-genre ska punk di scene ska kota Solo. Sebelumnya, band-band ska di Solo yang ada pada masa itu hanya mengusung nuansa tradisional dan 2-Tone. Rat Ska City (RSC) dibentuk dari latar belakang personil yang beragam. Sebagian dari mereka adalah eks-personil Peppermint (RIP), dan ada juga yang sudah memiliki band sendiri-sendiri (Melodic/Pop Punk) seperti Descender dan No Perfect.
          Pada awal kemunculannya, mereka membawakan lagu-lagu dari band ska punk asal Bandung, Noin Bullet. Juga band legendaris asal negeri matahari terbit yang sekarang sudah tinggal nama, Kemuri. Hingga sekarang ini, mereka sudah menciptakan beberapa lagu seperti Bergerak, I Wanna Skankin Now, Pancen Kowe Lonthe! (PKL), dan You'll Never Walk Alone. Diantara semua lagu tersebut, baru ada satu buah lagu yang berhasil direkam, yaitu Bergerak. Selain disebarluaskan secara free download, single Bergerak juga diikutsertakan dalam sebuah album kompilasi yang didistribusikan secara gratis berjudul Indonesian Roots Compilation (2010). Di dalamnya terdapat band-band seperti The Authentics, Heavy Monster, Dirty Dolls, The Mobster, dan sebagainya. Seiring berjalannya waktu, karena kesibukan masing-masing personil akan pekerjaan, RSC menjadi kurang produktif. Tidak hanya dalam produksi materi (lagu), tetapi juga soal jam terbang. Yang dulunya padat, lambat laun mereka menjadi jarang menyambangi panggung. Namun itu bukan menjadi masalah, selama mereka masih bisa tetap bertahan di jalurnya dalam keadaan apapun.
          Di tengah situasi stagnan, terdengar sebuah kabar yang melegakan beredar di antara teman-teman. Bahwa dalam waktu dekat ini RSC akan kembali masuk ke studio rekaman. Katanya, mereka akan merekam salah satu single mereka yang berjudul Pancen Kowe Lonthe! (PKL). Haha, judul yang agak kasar untuk didengar di khalayak umum. Lagu yang di-mix dengan alunan campur sari dan bahasa Jawa ini menceritakan sebuah kisah dari seorang lelaki yang merasa dikecewakan oleh sang lawan jenis. Hingga muncul ungkapan "Pancen kowe lonthe!" (dalam bahasa Indonesia berarti "Memang kamu lonte/pelacur!") sebagai lirik di bagian reff. Selalu menjadi sing-along yang dinanti-nantikan dalam setiap penampilan Rat Ska City. Dan tak lama lagi, lagu Pancen Kowe Lonthe! (PKL) dari Rat Ska City akan segera dapat kita dengarkan setiap saat setelah melalui proses rekaman. Entah menjadi single yang disebarluaskan secara free, ikut kompilasi lagi, atau mempersiapkan mini/full album, kita tunggu saja langkah selanjutnya dari Riot Skunx Crew kota budaya ini. We wanna skankin now, bro!

2 comments:

  1. sudah selesai rekaman gas..
    tinggal nunggu dilempar ke pasaran..
    hehheehhe.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jos mbyor, ditunggu. :D Kae pas take pengen teko tapi ngepasi main neng Sriwedari, hehe.

      Delete