Tuesday, August 7, 2012

Memperkenalkan, Rude And Reckless


          Memperkenalkan sebuah proyek musikal baru yang saya rintis bersama salah seorang teman yang notabene juga merupakan rekan satu band di The Suspender, Raditya Guntur Dewangga AKA Gendut. Proyek ini dinamai Rude And Reckless. Mengapa Rude And Reckless? Entahlah, tidak peduli berkaitan atau tidaknya dengan arti secara harfiah, saya rasa judul lagu The Slackers satu ini cocok untuk disandang sebagai nama proyek musikal kami berdua. Sebenarnya, ide perintisan proyek Rude And Reckless ini sudah dimulai sejak bulan April tahun 2011 yang lalu. Karena ini adalah proyek santai, hingga sekarang kami masih merangkak dan berlatih untuk berjalan di jalur yang kami lalui.
          Rude And Reckless bukanlah proyek musikal yang berformat full band. Kami adalah duo, hanya berdua. Duet maut yang jika disejajarkan akan membentuk angka "10", saya yang kurus seperti angka 1 dan Gendut yang berpostur sesuai namanya, haha, seperti angka 0.
          Musik yang kami mainkan adalah tak jauh dari akar musik Jamaika. Sesuai basic kami di The Suspender. Namun yang membedakan adalah tidak digunakannya alat musik lengkap seperti pada format band, karena kami menggunakan konsep musik elektronik. Secara umum kami menyebutnya Electronical Jamaican Music. Ide berawal dari saya, mengetahui pada saat itu Gendut sedang hobi bermain dengan fruity loop/midi controler, saya ajaklah dia. Kami terinspirasi dari musik-musik Jamaika beserta kultur di dalamnya seperti Mento, Calypso, Ska, Rocksteady, Reggae, Dub, Dancehall, Ragga Muffin, street soundsystem, turntables, DJ, MC, toasters, dan sebagainya. Dan para pendahulu yang menginspirasi kami antara lain Lee "Scratch" Perry, Dr. Ring Ding, Ninjaman, Asian Dub Foundation, Mighty Massa & The Ska Revolutionaires, Dubyouth Soundsystem, Ras Muhamad, dan tak lupa The "Legendary" Skatalites. Dalam proyek ini, saya berada di posisi vokal dan mengatur konsep musik yang disusun. Sedangkan untuk produksi penyusunan musik ada pada Gendut.
          Proyek ini dibuat untuk bersenang-senang, tidak lebih untuk menyalurkan hobi semata. Selain itu juga eksplorasi musikal dari musik yang kami mainkan sebelumnya di The Suspender.

Facebook Page : Rude And Reckless
Twitter : @Rude_Reckless

No comments:

Post a Comment