Tuesday, July 24, 2012

Pentingnya Dokumentasi dalam Scene Lokal

          Dokumentasi adalah sebuah kegiatan mengabadikan, merekam, menulis suatu hal maupun obyek dalam sebuah peristiwa yang dianggap penting atau memiliki nilai tertentu. Hasil dokumentasi dapat berupa foto, video, berita, dan tulisan, dan sebagainya. Lepas dari penting atau tidaknya sebuah peristiwa, menurut saya pribadi dokumentasi memiliki manfaat tersendiri. Dan kali ini, saya menulis tentang pentingnya dokumentasi dalam scene lokal.
          Solo, adalah sebuah kota dimana saya dilahirkan dan tumbuh hingga sekarang ini. Kota ini memiliki banyak scene dari keberagaman kultur anak muda. Mulai dari punk, hardcore, metal, grunge, ska, reggae, indie-pop, dan sebagainya. Saya rasa, semua tetap hidup dari masa ke masa. Meskipun beberapa diantaranya pernah mengalami pasang surut, stagnasi, dan mati suri. Hidupnya scene-scene tersebut jelas tak luput dari peran penting dokumentasi. Segala bentuk dokumentasi selalu menjadi aspek utama dalam penyampain informasi dari satu orang ke orang yang lain. Scene yang hidup ditandai dengan adanya aktivitas/pergerakan di dalam maupun di luar scene tersebut, yang tentunya bermula dan diketahui melalui andil dokumentasi.
          Beberapa contoh kegiatan dokumentasi dalam scene adalah, ketika sebuah band menjalani proses recording lalu mendistribusikannya. Mereka ingin menyampaikan pesan kepada sekitar melalui setiap kalimat yang terkandung dalam sebuah karya/lagu yang mereka ciptakan. Jika kita datang ke sebuah gig dan menjumpai beberapa orang membidik salah satu sudut menggunakan kamera, itu juga salah satu bentuk proses dokumentasi. Entah sekedar hobi, atau apalah itu, ia pasti akan menghasilkan foto atau video yang nantinya bisa disimak pula oleh orang lain. Atau ketika kita membaca tulisan mengenai review gig maupun rilisan pada sebuah zine/blog. Sebenarnya masih ada banyak lagi contoh dokumentasi. Tak hanya berupa fisik, bahkan sampai hal kecil seperti cerita dari mulut ke mulut, yang merupakan bentuk hasil dokumentasi berupa lisan.

Bidikan Kamera pada Sebuah Gig

          Apapun bentuk dokumentasi, selalu menjadi jembatan yang sangat vital untuk menuju tersampaikannya informasi. Kelak, dokumentasi-dokumentasi tersebut tak hanya berguna sebagai komposisi pokok dalam sebuah informasi dan menunjang kelangsungan hidup sebuah scene, tetapi juga mampu menjadi warisan yang manis bagi generasi-generasi berikutnya.

No comments:

Post a Comment