Friday, July 27, 2012

Moonshine, Cahaya Rembulan dari Kota Pahlawan

          Kota Pahlawan, Surabaya, tak ada habisnya menghasilkan talenta-talenta berbakat. Salah satunya adalah Moonshine. Sebuah band ska yang pantas untuk kita kenali lebih jauh. Berikut adalah perkenalan dari mereka.
          Moonshine adalah sebuah band ska dari Surabaya, Indonesia. Awalnya nama ini muncul dari ide perkusi kami yang juga tergabung dalam band Oi! yang bernama Fat King. Dia bersaran untuk memberikan nama band ini dengan Moonshine, yang bermakna secara harfiah Moon adalah Bulan dan Shine adalah Terang. Moonshine adalah Terang Bulan. Dan asal tahu saja, Terang Bulan adalah salah satu makanan enak di kota kami. Ide membentuk Moonshine muncul ketika scene Menganti Ska Foundation dan Anti Famous berkumpul. Dengan beberapa teman seperti Melon - RAT (band Punk) dan Firman Angga - Roti Lapiska dan Juga Ratmi B29 ini membantu mempertemukan kedua scene ini. Padahal Menganti Ska Foundation dan Anti Famous berada di kota yang berbeda, Gresik dan Surabaya. Menganti Ska Foundation melahirkan beberapa band, Rat Captain (Ska Punk), Rayuan Pulau Kelapa/RPK (2 Tone), dan Chicken Track di awal Tahun 2004an silam. Demikian juga di Anti Famous (Jl. Arjuno) ada Roti Lapiska (Ska) dan The Fat King (Oi!). Bisa dikatakan rata-rata scene di Menganti Ska Foundation adalah mengadopsi subkultur Rude Boy dan di Anti Famous beraneka ragam, tapi yang jelas kebanyakan adalah Skinhead. Dengan berjalannya waktu 2004 sampai ke 2008, kami sering berkumpul, ke gigs bersama-sama serta saling support. Pada akhirnya kami berpikir untuk melahirkan band ska tradisional dengan komposisi anggota dari singkronisasi Menganti Ska Foundation dan Anti Famous. Maka dari itu lahirlah Moonshine Ska Band!
          Band ini seperti angin berlalu, di antara hidup dan dalam ketiadaan. Untung para sesepuh seperti Firman Angga, Herman (Heavy Monster), dan Resha Sasongko terus dan terus mencaci maki kami (support maksudnya), tanpa mereka apalah band kami ini. Belum lagi keluarga besar Menganti dan Arjuno, terus-terusan mendukung kami untuk terus bermusik dan keep root! Oh iya, ada satu lagi tokoh yang support dan membantu kami, QQ Bretel/ Fishska juga sangat membantu. Termasuk desain stiker dan kaos Moonshine, beliaulah yang mengatur semuanya, serta pendidikan yang begitu hebat untuk kami. Cukup sekian dan terima kasih, doakan selalu biar ngeband terus!

2 comments: